Senin, 01 Juni 2009

Hasil penerapan Life skill

Hasil penerapan dari pendidikan kecakapan hidup dibeberapa daerah telah menunjukkan manfaatnya, sebagaimana hasil penelitian tentang pelatihan vokasional pada pendidikan nonformal yang dilakukan di tiga provinsi yakni Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Jawa Barat. Menurut paparan Susanna Adam Ketua Tim Penelitian pelatihan vokasional pada pendidikan nonformal dengan studi yang dilakukan terhadap 1834 peserta kursus (719 peserta masih mengikuti kursus dan 1115 telah menyelesaikan kursus) dan 174 penyedia kursus, termasuk pemerintah dan swasta, sebanyak 84 persen peserta pelatihan menyatakan keinginannya untuk membuka usaha secara mandiri. Sementara dari hasil penelitian, sebelum diselenggarakan pelatihan sebanyak tujuh persen peserta telah melakukan usaha mandiri, dan usai mengikuti pelatihan sebanyak sembilan belas persen telah mampu melakukan usaha mandiri. (Keterampilan Vokasional Memacu Kreativitas, sumber: Pers Depdiknas Jakarta, Kamis (10 April 2008).

Hasil penerapan pendidikan kecakapan hidup atau Life skill, sebagaimana tersebut mungkin belum dapat dikatakan sukses sepenuhnya, meskipun demikian pendidikan kecakapan hidup tidak hanya memberikan harapan baru tapi bekal ketrampilan dan wadah mengasah potensi bagi peserta didiknya, sehingga kesuksesan dan kemandirian berusaha sebagai jawaban atas masalah yang ada dalam kehidupan benar-benar terjawab dengan adanya life skill.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Flowers and Decors. Powered by Blogger